Berapa kenaikan berat badan yang sebaiknya selama kehamilan?

Berapakah kenaikan berat badan yang seharusnya selama kehamilan?— ini tergantung. Hal yang terpenting pertama yang harus anda ingat bahwa selama kehamilan ini ibu hamil perlu untuk bertambah berat badan, jadi selama kehamilan bukanlah saatnya untuk kuatir karena anda akan terlihat menjadi besar.

Mengapa selama kehamilan ibu perlu bertambah berat badannnya karena ibu hamil membawa si calon bayi dalam tubuhnya, dan juga ini penting untuk proses persiapan menyusui nantnya Jadi bagi ibu hamil tidak perlu berfikir tentang kuatir bertambah berat badan dan menjadi besar, dan sebaiknya anda mulai untuk berfikir untuk melakukan apa yang terbaik dan sehat bagi anda dan juga bayi dalam kandungan anda.

Jadi berapakah kenaikan berat badan yang sebaiknya selama kehamilan—ini tergantung dari berapa tinggi badan anda dan berapa berat badan anda sebelum kehamilan terjadi.

Jika anda memiliki berat badan yang kurang sebelum kehamilan terjadi maka dinjurkan kenaikan berat badan anda antara 14-20 kg; Jika berat badan anda berada pada berat badan normal pada sebelum kehamilan, dianjurkan kenaikan berat badan anda antara 12.5-17.5 kg; Dan jika berat badan anda sudah berlebih sebelum kehamilan maka kenaikan berat badan antara 7.5-12.5kg.

Mengapa kenaikan berat badan ini tergantung dari berat sebelum kehamilan?— Ini penting dari segi kesehatan bagi ibu dan bayi.

Bila anda mempunyai berat badan yang berlebihan sebelum kehamilan maka pertambahan yang dianjurkan harus lebih kecil dari ibu dengan berat badan ideal—
karena bila ibu hamil dengan berat badan yang terlalu berlebihan akan mempunyai resiko untuk menjadi diabetes gestasional (kenaikan kadar gula darah karena adanya proses kehamilan) atau terjadinya preeklampsia (keracunan kehamilan dimana terjadi peningkatan tekanan darah).

Demikian pula sebaliknya, pada wanita yang berat badannya sebelum hamil kurang, maka ketika hamil ia perlu menambah berat badan lebih banyak dari berat ibu hamil yang sebelum hamil memiliki berat badan normal. ––karena bila terjadi asupan gizi yang kurang sudah jelas akan menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan seperti BBLR (berat badan lahir rendah) dan gangguan kehamilan lainnya.

Jadi berapa kenaikan berat badan selama masa kehamilan anda, semua TERGANTUNG dari berat badan anda saat sebelum kehamilan, oleh karenanya penting bila anda merencanakan untuk hamil, sebaiknya anda mempersiapkan berat badan anda ke berat badan ideal dahulu, hal ini berkaitan dimana anda mempersiapkan tubuh anda untuk menyimpan semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh selama kehamilan secara seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang SEIMBANG.

Jadi apa yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan yang ideal selama kehamilan?— Bila anda kelebihan berat badan sebelum hamil bukan berarti anda diet makan secara ketat karena akan berbahaya mempengaruhi asupan gizi yang diperlukan bayi anda. Begitu juga bila anda kekurangan berat badan tidak berarti anda makan sebanyaknya.

Dalam hal ini pentingnya PEMANTAUAN secara rutin dari dokter atau tenaga medis lainnya. Untuk dapat mengatur pola makan anda dengan cara tepat sehingga mendapatkan asupan zat gizi sesuai yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayi dalam kandugan serta asupan gizi yang seimbang selama kehamilan.

Bila anda mempunyai masalah dengan peningkatan berat badan selama kehamilan ini, sebaiknya anda cepat berkonsultasi kepada dokter anda sehingga dokter dapat memberikan saran yang terbaik buat anda dalam menjalani kehamilan anda.

Ingatlah untuk selalu memberikan yang terbaik buat bayi anda,—-bayi anda tergantung kepada apa dan bagaimana yang anda lakukan

sumber : © Dr.Suririnah- http://www.infoibu.com

Iklan

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: