Usia kehamilan minggu ke-26

Apa yang terjadi pada janin:
Jaringan-jaringan saraf di telinga janin sudah berkembang sangat baik, dan (telinga) lebih sensitif dari sebelumnya. Sekarang janin sudah bisa membedakan antara suara Anda dan suami, ketika Anda berdua sedang mengobrol.

Saat ini janin menghirup dan mengembuskan sedikit cairan ketuban, cairan yang berperan penting dalam perkembangan paru-parunya. Gerakan bernafas ini juga merupakan latihan yang baik untuk mempersiapkan dirinya menghirup udara (oksigen) saat dilahirkan nanti.

Lemak tubuhnya sudah bertambah banyak. Berat tubuh janin saat ini mencapai sekira 750 gram dengan panjang tubuh (dari kepala sampai tumit) sekitar 34-35 cm. Jika janinnya laki-laki, buah zakarnya sudah mulai tampak.

Apa yang terjadi pada ibu:
Selama periode ini, tekanan darah Anda mungkin akan meningkat sedikit, meski mungkin masih sedikit berada di batas sebelum Anda hamil. Pastikan saat ini Anda tetap menjaga pola makan yang baik dan cukup beristirahat.

Preeklamsia, kelainan serius yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan protein di darah, umumnya terjadi setelah usia kehamilan 37 minggu. Tapi kelainan ini juga dapat terjadi lebih cepat. Karena itu waspadalah terhadap gejala seperti wajahnya yang tiba-tiba membengkak atau bengkak di sekitar mata, lengan yang membengkak, dan muncul bengkak tiba-tiba di kaki atau engkel, atau juga jika terjadi pertambahan berat badan yang sangat cepat, misalnya 1,8 kg dalam seminggu.

Gejala seperti pusing kepala, pandangan menjadi kabur (dobel atau buram, peka terhadap cahaya), nyeri menetap di perut atau mual-muntah, juga dapat menjadi penanda hadirnya preeklamsia. Karenanya jangan ragu untuk menceritakan semuanya ke dokter Anda.

Jika Anda merasa ada sedikit nyeri di bagian punggung bawah belakangan ini, itu pertanda bahwa rahim Anda berkembang (artinya janin pun berkembang dengan baik). Memang kondisi ini dapat menyebabkan Anda sedikit kehilangan keseimbangan. Tak apa-apa, ini karena perubahan hormon sedikit melonggarkan persendian dan otot. Berhati-hati saja.

Saat ini, berjalan, berdiri atau duduk terlalu lama mungkin akan sedikit mengganggu Anda. Anda akan sering merasa cepat capek. Berendam di air hangat atau kompres dapat menyamankan Anda kembali. Cobalah untuk terus menjaga posisi tubuh selama bekerja atau di rumah, hindari aktivitas-aktivitas yang ’memaksa’ Anda untuk berlutut, berjongkok atau duduk terlalu lama. Bila duduk di kursi kerja, sanggalah kaki dengan tumpukan majalah atau buku. Cobalah tidur dengan posisi menyamping sementara salah satu kaki ditekuk dan disangga bantal diantara kedua kaki.

sumber : http://www.anmum.com/id/main.aspx?sid=936

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: