RAHASIA TENTANG KALSIUM

Kalsium, kata – kata ini mungkin tidak asing ditelinga anda. Apa lagi setelah pemerintah mencanangkan tahun kalsium pada tahun ini.

KALSIUM DAN KEHIDUPAN

Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubug kita,
Salah stu fungsinya adalah membentuk tulang dan menjaganya agar tetap kuat.
Tetapi ingat fungsi kalsium bukan untuk tulang
Sembilan puluh sembilan persen (99%) kalsium berada ditulang atau gigi,
Sedangkan 1% sisanya bersikulasi dalam darah dan ini sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan. (www.calciuminfo.com)
kalsium di butuhkan dalam proses metabolisme tubuh, transmisi syaraf, pengaturan detak jantung, kontraksi otot, membantu proses pembuahan, mempercepat pembentukan darah, mengaktifkan system pertahanan tubuh dan lainnya
jadi :

SALAH BESAR ! JIKA BERANGGAPAN KALSIUM HANYA UNTUK TULANG

FUNGSI 1 % KALSIUM DALAM TUBUH

PENYAKIT JANTUNG

Jantung memegang peranan penting dalam hidup. Walau bearnya segenggam tangan, tetapi sacara berkelanjutan jantung memompa darah kesetiap sel di seluruh tubuh, pemompaan ini tergantung pada mengempis ( the contraction) dan mengembangnya (the expansion) otot jantung (cardiac muscle)dan utuk melakukan ini, otot jantung (cardiac muscle) membutuhkan masukan dan penggunaan energi. Ini tidak bias dilakukan tampa kasium.
Jika jantung mengerut (contrict) ion kalsium mengatur ritmennya, jika kita lihat kedalam sel otot jantung, kita akan melihat ketika kalsium masuk kedalam sel, mineral ini akan mengaktrfkan protein yang menyebabkan gerakan darim otot jantung, dan ini membuat otot jantung mengempisa dan mengembag terus menerus dan membuat kita tetap hidup. Kekurangan kalsium akan melemahkan kemapuan otot jantung untuk mengembang dan mengimpis dan menyebabkan berbagai penyakit jantung. Beberapa test membuktikan ketika kita memberikan ion kalsium kepada jantung yang lemah, jantung secara bertahap akan mendapatkan kembali tenaga. Sehingga ini menunjukkan betapa pentingnya kasium dalam menjaga detak jantung.

GAIRAH SEKSUAL, KESUBURAN DSB

Dalam proses pembuahan, sperma bergerak ke ovum dengan energi yang diberikan oleh kalsium. Para ilmuwan tercengah mengetahui bahwa trnyata komponen kalsium berada di ujung depan sperma. Dan kalsium inilah yang membantu masuk kedalam membran sel telur. Ketika sperama mencapai sel ovum, maka vertilasi akan segera terjadi. Selanjutnya kalsum juga berperan untk menciptakan calsium vibration (getar kalsium) yang merangsang ovum untuk mampu terjadinya pembuahan (fertilasi).

PERTUMBUHAN TIDAK NORMAL (KALSIUM DIBUTUHKAN UNTUK PERTUMBUHAN)

Kalsium mempunyai peran yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi dalam rahim serta masa pertumbuhan anak-anak. Bayi atau anak-anak yang kekurangan kalsium akan terhambat pertumbuhannya , daya tahan tubuhnya lemah bahkan mempengaruhi kecerdasannya. Karena itu ibu hamil dan menyusui sangat membutuhka kalsium, karena bayak sekali kalsium dari tubuhnya yang diambil untuk kebutuhan sang bayi.

REMATIK, KRAM SAKIT OTOT, SAKIT PINGGGANG (KALSIUM ADALAH PENGGERAK OTOT ORGAN TUBUH)

Stimulasi gerak otot kerangka digerakan oleh ion kalsium, begitu juga pemadatan dan perenggangan otot kerangka. Seperti tentara, kalsium membantu semua pergerakan tubuh.
Selama kontraksi otot, ketika serat syaraf diaktifkan, ion kalsium masuk sel. Kepadatan kalsium merupakan standart dasar yang mengatur kontraksi otot. Kalsum tersimpan di otot yang sebagian besar di jaringan plasma myo di otot dan jaringan myo plasma merupakn jaringan transportasi untuk transmisi ion kalsium. Ketika tubuh berkontraksi, otot tulang keluar, kalsium lompat dari plasma masuk kedalam sel. Ion kalsium membantu otot untuk merenggangf, dan kejadian tersebut terjadi sangat cepat. Jika keseimbangan otot rusak karena suatu sebab, otot halus dan otot jantung menjadi tidak normal, mengakibatkan kita kehilangan kemampuan untuk mengontrol tubuh.

DIABETES

Diabetes (kecing manis) merupakan terganggunya metabolisme yang umum. Tenaga penderita akan berkurang hari ke hari. Melalui urin, selain gula, sejumlah kalsium juga dibuang. Kekurangan kalsium memperkuat gejala diabetes. 60% penderita diabetes menderita osteoperosis. Karena itu kekurangan kalsium juga merupakan masalah bagi penderita diabetes. Penderita diabetes harus memberi perhatian lebih pada penyediaan kalsium melalui makanan atau sumber lain untuk mengembalikan kembali fungsi vital organnya, terutama Pankreas.

PENYAKIT BERHUBUNGAN DENGAN SYARAF

Kalsium mempuyai peranan penting untk proses pelepasan neurotransmitter. Transfer ion kalsium dari dalam dan luar sel yaraf sangat dekat berhubungan dengan mengaktifkan dan mengistirahatkan pesan otak. Ketika tubuh kekurangan kalsium, pelepasan syaraf pesan akan terhambat dan mekanisme pengaktifan atau pengistirahatan juga akan rusak. Sebagai akibatnya, pada anak-anak adalah kurang nyenyaknya tidur, fidgeting (gelisah), insommania(susah tidur), hypercgtivity (hiperaktif)
Pada orang setengah baya dan orang tua, gejala yang muncuk diantaranya : stubbornness, mood sings, divers neurosmatic, loss of retentive memory, lowered resistance, dan neurosmenic dan senile dementia (pikun). Semua gejala tersebut merupakan akibat penurunan fungsi system syaraf.

TIDAK BERFUNGSINYA SISTEM PERTAHANAN TUBUH SECARA MAKSIMAL

Ketika kuman asing, virus, racun, atau serangan penyakit masuk ke dalam tubuh , system pertahanan tubuh (immune system) bereaksi sebagai pelindung da penyerang dan menolak unsur asing yang masuk. Dan ion kalsiumlah yang pertama kali memberi tanda bahaya tetang masuknya unsur asing tersebut dan memerintahkan system kekebalan tubuh untuk bereaksi dan menaklukkan musuh dengan mengubah bentuk dan menghancurkannya. Di sini kita bisa melihat pentingnya kalsium dalam memfungsikan system kekebalan tubuh. Ketika orang kekurangan kalsium, system kekebalan akan kacau, dan mengakibatkan beberapa masalah kulit seperti : scabby skin (kulit bopeng), dermatitis (radang kulit), acne (jerawat), dan lainnya juga reumatik. Suplemen kalsium akan meningkatka fungsi system kekebalan tubuh, dan mempunyai efek penyembuhan (curative effect) terhadap penyakit tersebut. Kalsium juga melindungi kulit dan meningkatkan penampilannya.

DARAH TINGGI, PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH

Arteriosclerosis (penyempitan pembuluh darah) merupakan non-inflammatory (bukan peradangan), penyakit perubahan artery, yang mengakibatkan pemnuluh mengental dan mengeras dan kehilangan elasitas, dan akhirnya mengurangi arus darah. Ini diakibatka oleh zat lemak yang bertumpuk dan menutup aliran darah dan meningkatkan masalh serat (fibrous matter). Ketika tubuh kekuranggan kasium, dan kalsium dalam darah berkurang, the parathyroid mengirim perintah , yang mengakibatkan kalsium dalam tulag masuk ke darah. Peleburan kasium dari tulang, mengakibatkan masalah dalam pembuluh darah (blood vessel), kalsium menangkap lemak di sana, dan mengakibatkan pembuluh jadi menebal dank eras sehingga kekuranggan elastisitas. Arteriosclerosis, merupakan sebab utama terjadinya tekanan darah tinggi (hypertension), dan penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah jantung dan otak (coronarydan cerebral vascular disease), dan sangat membahayakan kesehatan kita.

Iklan

2 Tanggapan

  1. wah complite artikel kalsiumnya
    salam kenal ya
    http://hasimpci.wordpress.com tuker link dong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: