Jalan Kaki Saat Hamil

Katanya, kalo lagi hamil harus banyak jalan kaki. Beberapa hari ini emang sudah dipraktikkan berjalan kaki saat hamil, dan yang paling kerasa sih manfaatnya jadi bikin semangat. Bawaannya enak aja, lain dengan dulu waktu masih driving sndr pulang balik kantor. Emang cape juga sih, tapi karena cape ini malah jadi enak tidur malem. Merem sebentar, langsung ngimpi.. heheheee.. πŸ˜€

 

Ini beberapa manfaat jalan kaki buat ibu hamil yang aku dapet dari internet..

Berbagai referensi seputar kehamilan menyebutkan, jalan kaki secara teratur adalah latihan fisik yang paling cocok untuk ibu hamil. Alasannya, paling aman, paling mudah dilakukan, dan manfaatnya banyak β€” melancarkan persalinan hanyalah salah satunya. Jadi, meskipun akhirnya Anda – karena kondisi fisik yang tak bisa ditawar lagi – harus melahirkan lewat operasi Cesar, Anda tetap mendapatkan banyak manfaat berkat program jalan kaki Anda. Berikut ini berbagai manfaat jalan kaki secara teratur selama hamil:

1. Memperkuat otot-otot yang dibutuhkan untuk persalinan. Penelitian menyebutkan, latihan fisik teratur menguatkan otot-otot yang dibutuhkan untuk persalinan, misalnya otot-otot rongga panggul.

2. Mempermudah menjalani persalinan. Deborah Lindemann, profesor kebidanan dan ilmu kesehatan anak pada Life Chiropractic College West di California mengungkapkan, orang yang bugar akan lebih mudah (menjalani persalinan), terutama pada tahap kedua persalinan, yaitu mengejan.

3. Mempersingkat persalinan. Penelitan Dr. James Clapp, penulis buku Exercising Through Your Pregnancy menunjukkan, ibu-ibu yang sering latihan fisik dengan intensitas sedang atau tinggi, persalinannya sepertiga lebih singkat dibanding persalinan normal (tanpa komplikasi) yang dijalani ibu-ibu yang tidak melakukan latihan fisik.

4. Mengurangi risiko pre-eklamsia dan diabetes. Penelitian terakhir menunjukkan, latihan fisik teratur membantu mengurangi risiko munculnya penyakit paling berbahaya selama kehamilan: diabetes dan pre-eklamsia.

5. Mengurangi risiko keluhan umum selama hamil. Para pakar umumnya setuju, latihan fisik teratur akan mengurangi nyeri punggung, sembelit dan kembung yang biasa dikeluhkan ibu selama hamil.

6. Meningkatkan sirkulasi darah. Latihan fisik teratur memperlancar aliran darah, sehingga melancarkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

7. Menyehatkan pembuluh jantung. Jalan kaki adalah salah satu latihan fisik terbaik untuk pembuluh jantung ibu hamil, karena tidak terlalu membebani lutut dan persendian.

8. Membantu menjaga kenaikan berat badan. Dr. Margaret E. Pfeifer, Kepala Bagian Kebidanan Klinik Mayo di Minnesota mengungkapkan, latihan fisik teratur membantu menjaga kenaikan berat badan pada tingkat wajar, dan bisa mengurangi risiko diabetes selama kehamilan.

9. Mengurangi stres fisik. Mark Fenton, rekan-penulis Walking Through Pregnancy and Beyond: How Expectant Moms Can Walk Through a Happy and Healthy Pregnancy and First Year menyebutkan, jalan kaki kegiatan ideal selama hamil karena tidak membuat tubuh ibu stres akibat latihan fisik yang tidak biasa. Menurut Kelli Calabrese, pakar kebugaran dan kepala pelatih di pusat kebugaran online ediets.com, stres fisik juga bisa berkurang jika ibu tetap aktif selama hamil.

10. Mengurangi stres psikis. Molly Kimball ahli diet dari Ochsner Clinic Foundation, New Orleans mengungkapkan, pelepasan hormon endorfin selama latihan fisik menimbulkan efek psikologis, yaitu melepaskan ketegangan psikis.

11. Meningkatkan energi. Menurut Dr. Michael S. Hisey, ahli bedah tulang belakang di Texas Back Institute, gejala-gejala mual, kehilangan energi dan motivasi yang biasa dialami ibu hamil bisa diatasi secara berangsur dengan memulai program latihan fisik teratur.

12. Meningkatkan mood dan self-image. Kelli Calabrese, pakar kebugaran dan kepala pelatih di pusat kebugaran online ediets.com menyebutkan, latihan fisik meningkatkan mood and self image.

13. Meningkatkan kualitas tidur. Ann W. Wright, assistant professor bidang biologi di Canisius College, AS yang juga ahli fisiologi latihan fisik khusus selama kehamilan mengungkapkan, jalan kaki membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak, karena latihan fisik melepaskan endorfin yang membantu ibu hamil rileks.

Kaki Anda Bengkak, ini solusinya

Kaki bengkak waktu hamil juga kualami wkt hml dulu ,itu dikarenakan :

1.Kebanyakan duduk (krn bkrj seharian di kntr jadi lebih bnyk duduk)

2.Kurang gerak/kurang jalan2

3.Kebanyakan minum air es/mkn coklat/ makanan yg bnyk mengandung grm / asin2

Atasi saja dgn :

1.Cobalah berdiri selang 2 jam (ngiter di kantor / ke mj kerja rekan / ruangan lainnya),perbnyk juga mnm air putih

2.Bergerak terus yaitu dgn jalan2 tanpa alas (tlnjg kaki) di pagi hari jam 4.30-05.00 atau jam 05.00 sampai jam 06.00

-Kalau nggak kuat setengah jam saja cukup tapi rutin setiap hari

3.Kurangi makanan yg mengandung garam/asin2 dan jauhi air es/cklt.

Bisa juga :

– Rendam kaki di baskom dgn air hangat2 kuku,usahakan setiap hari

– boleh diluruskan diatas bantal besar / jangan digantung (ntar varises) selama 15 menit setiap pagi/malam setelah bergerak / berjalan2

– Mlm hr boleh dioleskan “PAREM KOCOK” ,biasanya dpt kurangi bengkaknya ,jangan bnyk2 krn panas(ntar nggak kuat tahan)

– Kalau duduk kaki jangan digantung,pakai telenan untuk meluruskan kaki sepanjang bekerja di kantor.

– Kalau berdiri jangan terlalu lama,krn org hamil kan bawa beban tambahan jadi kalau udah agak lama berdiri usahakan untuk duduk.

– Perbanyak minum air kcg hijau yg diambil airnya sblm mendidih 3x.Jadi yg ke-2x nya diambil trus mnm anget2 agar kaki tdk bengkak dan janin kuat plus bnyk rambutnya

Nah, karena banyak banget manfaatnya, ayo bumils, mari jalan kaki… πŸ˜€

sumber : naya.web.id ; id.answers.yahoo.com/question

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Hi there, I want to subscribe for this blog to obtain newest updates, thus where can i do it please help.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: