Amankah Jika Balita Mengonsumsi Terlalu Banyak Buah?

Pastinya sih kita semua sudah tau kalau buah-buahan merupakan salah satu sumber gizi yang tepat untuk dikonsumsi oleh balita. Selain mengandung serat dan vitamin, buah juga memiliki rasa manis alami yang biasanya disukai anak-anak.

Buah juga bisa diolah untuk berbagai jenis makanan. Mulai dari disajikan langsung (fresh fruit), campuran untuk puding/cemilan, jus sampai ke menu utama.

Kalau biasanya beberapa orangtua mengalami kebingungan karena anak nggak doyan buah sampai harus menyembunyikannya di menu makanan, tidak begitu dengan saya. Anak saya, Langit (2.9 tahun) amat sangat doyan buah-buahan. Bagus dong? Awalnya saya yakin sekali kalo itu bagus, tapi belakangan kok makin menggila ya doyannya? Makanya saya jadi takut sendiri. Soalnya, Langit itu kalau makan buah ngelebihin makan nasi! Ya ampun, kalau mau diturutin mungkin seharian bisa makan jeruk 10 buah, mangga 2 dua buah, ditambah apel, anggur, pisang…dan dia doyan semua buah! Mulai dari buah-buahan yang sering ditemui sehari-hari seperti yang saya sebutkan d iatas itu, sampai buah-buah *ahem* eksotik macam durian, salak, duku, rambutan, ketimun (ini yang terakhir buah kan ya?)

Akhirnya saya browsing sana sini dan saya dapat sebuah artikel yang bilang bahwa balita yang terlalu banyak makan buah bisa mengurangi nutrisi lain yang mau masuk ke tubuhnya lewat makanan lain akibat terlalu kenyang makan buah-buahan.

Karena masih belum puas, saya pun bertanya pada ahli gizi, Arif Tasrig Nur Gomo, katanya, dalam ilmu gizi tidak ada larangan untuk makan buah berlebih. Tapi disarankan untuk makan beraneka macam buah-buahan. Jangan cuma buah yang itu-itu saja.

Sampai kalimat ini saya bersorak, karena Alhamdulillah Langit memang doyan aneka buah-buahan seperti yang saya sebutkan diatas. Mas Arif menambahkan bahwa buah justru bagus untuk anak-anak karena selain rendah GI, tinggi serat, karbohidratnya juga bisa sebagai sumber energi. Buah juga kaya akan vitamin dan mineral. Jadi kalo konsumsi buah dan sayur itu cukup kita nggak perlu pake suplemen vitamin dan mineral.

Sedikit melegakan sih bagi saya jawaban Mas Arif. Tapi tetap saya usahakan untuk membatasi konsumsi buah-buahan supaya konsumsi terbesar tetap makanan utama. Karena kalau dilepas, Langit bisa lho seharian makan buah thok!

Dibawah ini ada beberapa fakta random yang saya kumpulkan berkaitan dengan buah-buahan:

* 75 gram papaya/hari sudah mencukupi kebutuhan vitamin C pada bayi

* Balita diperbolehkan minum 1 gelas jus buah segar per harinya

* Balita diatas 1 tahun diperbolehkan makan strawberry sebanyak 8 butir

* Pisang dan kismis adalah buah yang bagus untuk meningkatkan energi

* Wortel lebih bergizi setelah dimasak, tidak seperti sayur/ buah lainnya

Jadi, yuk ajak si kecil makan buah!

 

sumber: mommiesdaily.com

image: nutrisi.co.id

Iklan

2 Tanggapan

  1. buah kebanyakan mengandung vit c,,, ga ada bahaya apabila anak mengkonsumsi buah dalam jumlah banyak,,, sebab kelebihan itu akan jadi urine,,, alangkah lebih bagusnya kalau kita makan buah sesuai dengan kecukupan kita, sehingga dipergunakan dengan baik oleh tubuh kita, tapi kalo banyak ,,,, toh juga kebutuhan tubuh kita akan vit sedikit, jadi sisanya akan dibuang gitu aja…. jadi kencing.

  2. […] Amankah Jika Balita Mengonsumsi Terlalu Banyak Buah? Posted on 14 Maret 2011 by budishmily […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: